Propellerads

Translate to your language

Wednesday, January 1, 2014

Biografi Tokoh : Archibald Vivian Hill

Halo apa kabar pengunjung Catatan Callysta?

Pada kesempatan yang lalu, saya telah berbagi sedikit pengetahuan terkait dengan Biografi Tokoh : Rita Levi Montalcini. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengetahuan lagi yang berhubungan dengan Materi Ilmu Pengetahuan Alam. Tulisan saya kali ini adalah Biografi Tokoh : Archibald Vivian Hill. 

Archibald Vivian Hill (1886-1977) ialah fisiolog dan biofisikawan Inggris yang menerima penghargaan nobel dalam fisiologi atau kedokteran pada 1922 untuk penemuan yang berkaitan dengan produksi panas dalam otot. Penelitiannya mendorong asal mula kekuatan otot dalam gangguan karbohidrat dengan pembentukan asam laktat dalam kekurangan oksigen.

Archibald Vivian Hill lahir di Bristol, Inggris pada tanggal 26 September 1986. Hill memulai sekolah di Blundell’s School. Lalu melanjutkan pendidikannya di Trinity Collage, Cambridge. Pada tahun 1913 Hill menikah dengan Margaret Keyness dan dikaruniai 4 orang anak. Tahun 1914 Hill bergabung dengan militer Inggris dalam rangka menghadapi Perang Dunia I. Hill tergabung dalam Ballistic and Operation Reseacrh Team. 

Di Universitas Cambridge (1911- 1914), Hill memulai  Pengamatannya pada termodinamika fisiologi otot dan jaringan syaraf. Ia sanggup menunjukkan bahwa oksigen diperlukan hanya untuk kesembuhan, tidak untuk kontraktil, fase aktivitas otot, meletakkan prinsip untuk penemuan rangkaian reaksi biokimia yang dibawa dalam sel otot yang membawa akibat dalam kontraksi. 

Ia merupakan guru besar fisiologi di Universitas Manchester (1920-1923) dan University College, London (1923-1925). Ia menjabat sebagai guru besar riset Foulerton Royal Society dari 1926 sampai pengunduran dirinya pada 1951. Karya tulis yang dihasilkannya adalah “Aktivitas Otot” (1926), “Gerakan Otot pada Manusia” (1927), dan “Mesin Kehidupan” (1927)

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Biografi Tokoh : Archibald Vivian Hill. Semoga bermanfaat. Silahkan bagikan ke teman-teman anda dan jangan lupa tinggalkan komentar demi kemajuan blog ini. 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi Catatan Callysta. Semoga bermanfaat. Saya sangat berterima kasih sekali jika pembaca berkenan untuk share ke G+1 dan meninggalkan komentar demi kemajuan blog saya.