Propellerads

Translate to your language

Saturday, January 25, 2014

Organisasi Semi-militer Bentukan Jepang

Halo apa kabar pengunjung Catatan Callysta?

Pada kesempatan yang lalu saya telah berbagi sedikit pengetahuan mengenai Organisasi Sosial Bentukan Jepang. Pada kesempatan kali ini saya akan kembali berbagi pengetahuan yang masih berkaitan dengan Materi IPS. Tulisan saya kali ni adalah Orgaisasi Semi-Militer Bentukan Jepang.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pada masa pendudukan Jepang di Indonesia Jepang selalu berusaha menarik simpati rakyat. Salah satu diantaranya adalah dengan membentuk beberapa orgaisasi semi-militer. Organisasi semi-militer yang dibentuk oleh Jepang sebagai berikut.

Seinendan
Seinendan (Organisasi Barisan Pemuda) dibentuk pada 9 Maret 1943. Tujuannya adalah memberikan bekal bela negara agar siap mempertahankan tanah airnya. Maksud Jepang adalah membantu menghadapi tentara Sekutu.

Fujinkai
Fujinkai merupakan himpunan kaum wanita di atas lima belas tahun untuk latihan semimiliter. Fujinkai banyak ditugaskan di dapur umum.

Keibodan
Keibodan merupakan barisan pembantu polisi untuk laki-laki berumur 20-25 tahun.

Heiho
Heiho didirikan pada 1943. Organisasi ini merupakan organisasi prajurit pembantu tentara Jepang. Pada saat itu, Jepang sudah mengalami kekalahan di beberapa front pertempuran

Pembela Tanah Air (PETA)
PETA didirikan pada 3 Oktober 1943. Organisasi ini merupakan pasukan bersenjata yang memperoleh pendidikan militer secara khusus dari Jepang. Kelak para eks-PETA mempunyai peran besar dalam bertempur melawan Jepang dan Belanda.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Orgaisasi Semi-militer Bentukan Jepang. Semoga bermanfaat. Silahkan share ke teman-teman anda dan jangan lupa tinggalkan komentar demi kemajuan blog ini.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi Catatan Callysta. Semoga bermanfaat. Saya sangat berterima kasih sekali jika pembaca berkenan untuk share ke G+1 dan meninggalkan komentar demi kemajuan blog saya.