Propellerads

Translate to your language

Monday, October 23, 2017

Profil dan Biografi Sekjen PBB Kofi A Annan (1997-2006)

Sekjen PBB Kofi A. Annan
KOFI A. ANNAN dari Ghana, Sekretaris Jenderal ketujuh Perserikatan Bangsa-Bangsa, bertugas dari tahun 1997 sampai 2006 dan merupakan orang pertama yang muncul dari jajaran staf Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Salah satu prioritas utama Mr. Annan sebagai Sekretaris Jenderal adalah program reformasi komprehensif yang bertujuan merevitalisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa dan membuat sistem internasional lebih efektif. Dia adalah pendukung setia hak asasi manusia, supremasi hukum, Tujuan Pembangunan Milenium dan Afrika, dan berusaha untuk membawa Organisasi lebih dekat ke masyarakat global dengan menjalin hubungan dengan masyarakat sipil, sektor swasta dan mitra lainnya.

Atas prakarsa Mr. Annan, penjaga perdamaian PBB diperkuat dengan cara yang memungkinkan Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatasi peningkatan jumlah operasi dan personil yang cepat. Juga mendesak Pak Annan bahwa, pada tahun 2005, Negara-negara Anggota membentuk dua badan antar pemerintah baru: Komisi Perdamaian dan Dewan Hak Asasi Manusia. Annan juga memainkan peran sentral dalam penciptaan Global Fund untuk memerangi AIDS, Tuberkulosis dan Malaria, penerapan strategi kontra-terorisme pertama di PBB, dan penerimaan oleh Negara-negara Anggota mengenai "tanggung jawab untuk melindungi" orang-orang. dari genosida, kejahatan perang, pembersihan etnis dan kejahatan terhadap kemanusiaan. Inisiatif "Global Compact" -nya diluncurkan pada tahun 1999, telah menjadi upaya terbesar di dunia untuk mempromosikan tanggung jawab sosial perusahaan.

Pak Annan melakukan inisiatif diplomatik yang luas. Pada tahun 1998, dia membantu meringankan transisi ke peraturan sipil di Nigeria. Juga tahun itu, dia mengunjungi Irak dalam upaya untuk menyelesaikan kebuntuan antara negara tersebut dan Dewan Keamanan karena mematuhi resolusi yang melibatkan inspeksi senjata dan hal-hal lain - upaya yang membantu menghindari pecahnya permusuhan, yang sudah dekat pada saat itu. . Pada tahun 1999, dia sangat terlibat dalam proses dimana Timor-Leste memperoleh kemerdekaan dari Indonesia. Dia bertanggung jawab untuk mengesahkan penarikan Israel dari Lebanon pada tahun 2000, dan pada tahun 2006, usahanya membantu menghentikan penghentian permusuhan antara Israel dan Hizbullah. Juga di tahun 2006, dia melakukan mediasi penyelesaian perselisihan antara Kamerun dan Nigeria mengenai semenanjung Bakassi melalui penerapan putusan Pengadilan Internasional. Usahanya untuk memperkuat manajemen Organisasi, koherensi dan akuntabilitas melibatkan investasi besar dalam pelatihan dan teknologi, pengenalan persyaratan pengungkapan dan pengungkapan informasi whistleblower yang baru, dan langkah-langkah yang ditujukan untuk meningkatkan koordinasi di tingkat negara

Sorotan karir
Annan bergabung dengan sistem PBB pada tahun 1962 sebagai petugas administrasi dan anggaran dengan Organisasi Kesehatan Dunia di Jenewa. Dia kemudian bertugas di Komisi Ekonomi untuk Afrika di Addis Ababa, UN Emergency Force (UNEF II) di Ismailia, Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) di Jenewa, dan di berbagai jabatan senior di New York berurusan dengan sumber daya manusia, anggaran, keuangan dan keamanan staf. Segera sebelum menjadi Sekretaris Jenderal, dia adalah Wakil Sekretaris Jenderal untuk Penjaga Perdamaian. Annan juga menjabat sebagai Special Representative Sekretaris Jenderal untuk bekas Yugoslavia (1995-1996), dan memfasilitasi pemulangan dari Irak lebih dari 900 staf internasional dan warga non-Irak lainnya (1990).

pendidikan
Annan belajar di Universitas Sains dan Teknologi di Kumasi, Ghana, dan menyelesaikan pekerjaan sarjana di bidang ekonomi di Macalester College di St. Paul, Minnesota pada tahun 1961. Pada tahun 1961-1962, dia mengikuti studi pascasarjana di Institute of International Affairs di Jenewa, dan pada tahun 1972 memperoleh gelar Master of Science di Massachusetts Sloan School of Management di Massachusetts Institute of Management.

Hadiah dan penghargaan
Annan dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian 2001, bersama dengan Organisasi tersebut. Dia juga telah menerima berbagai gelar kehormatan dan banyak penghargaan, medali dan kehormatan nasional dan internasional lainnya.

Pribadi
Annan lahir di Kumasi, Ghana, pada tanggal 8 April 1938, dan fasih berbahasa Inggris, Perancis dan beberapa bahasa Afrika. Dia dan istrinya, Nane, di antara mereka memiliki tiga anak

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi Catatan Callysta. Semoga bermanfaat. Saya sangat berterima kasih sekali jika pembaca berkenan untuk share ke G+1 dan meninggalkan komentar demi kemajuan blog saya.