Propellerads

Translate to your language

Thursday, October 26, 2017

Laporan Hasil Eksperimen Sistem dan Mekanisme Pernapasan pada Ikan

Semua makhluk hidup, termasuk ikan, memerlukan oksigen supaya tetap hidup. Pengambilan oksigen ini melalui proses pernapasan yang melibatkan organ pernapasan. Ikan bernapas dengan organ khusus mirip saringan yang disebut insang. Insang berbentuk lembaran tipis berwarna merah muda dan selalu lembap.

Insang terdapat tepat di belakang rongga mulut pada kedua sisi kepala ikan. Biasanya insang dilindungi oleh selaput atau rangka yang disebut tutup insang (operkulum). Di balik tutup insang ini terdapat empat deret insang yang saling tumpang tindih. Pada insang terdapat pembuluh darah halus. Pembuluh darah itu dapat menyerap oksigen yang terkandung dalam air dan melepaskan karbon dioksida dari darah. Insang juga berfungsi sebagai alat pengeluaran garam-garam dan sebagai penyaring makanan.

Untuk memperoleh cukup oksigen, mulut ikan dan insang bekerja bersama-sama seperti pompa isap air. Pertama-tama tutup insang menutup. Secara bersamaan mulut terbuka dan dinding mulut mengembang. Saat itulah air terisap masuk. Kedua, rongga mulut menyempit dan mulut menutup. Secara bersamaan tutup insang terbuka. Akibatnya air keluar dari mulut dan melewati insang. Saat itulah oksigen dari dalam air terserap dan karbon dioksida dikeluarkan

Tujuan
1. Untuk mengidentifikasi organ pernapasan ikan
2. Untuk mengetahui mekanisme pernapasan ikan melalui insang
3. Untuk membuat bagan pernapasan ikan

Alat dan Bahan
1. Ikan Segar
2. Air
3. Pisau
4. Gunting
5. Nampan

Cara Kerja dan Langkah Eksperimen
1. Ambilah ikan segar yang sudah kamu bawa dari rumah.
2. Letakkan pada nampan yang tersedia
3. Lepaskan overculum (tutup insang) dengan cara digunting/dipotong
4. Letakkan insang pada cawan kemudian amati insang tersebut.
    a. Dimana letak insang pada ikan tersebut?
    b. Bagaimana bentuk insang tersebut?
    c. Bagaimana warna insang ikan tersebut?
    d. Berapa banyak jumlah insang pada ikan tersebut?
    e. Apa saja bagian-bagian insang yang kamu amati?
    f. Apa kegunaan bagian-bagian insang tersebut
    g. Bagaimana bentuk dan warnanya?
    h. Bagaimana mekanisme bernapas pada ikan tersebut?
    i. Buatlah bagan perpasan ikan!
5. Catatlah dan diskusikan hasil pengamatanmu!

Hasil Pengamatan

  1. Insang terletak pada kedua sisi kepala ikan yang dilinsungi oleh tutup insang (overkulum)
  2. Insang pada ikan berbentuk lembaran-lembaran seperti sisir
  3. Insang pada ikan berbentuk merah keputih-putihan
  4. Insang pada ikan terdiri dari 8 lembar
  5. Insang pada ikan terdiri dari 3 bagian, yaitu rigi-rigi insang, lengkung insang dan lembaran insang. 
  6. Rigi-rigi insang, berfungsi sebagai alat penyaring air agar kotoran tidak masuk ke dalam lembaran insang; Lembaran-lembaran insang, berguna menyerap oksigen dari dalam air. Lengkung insang, berguna sebagai tempat melekatnya lembaran insang
  7. Rigi-rigi insang berwarna merah. lembaran insang berwarna merah hati karena tempat pembuluh darah. Lengkung insang berwarna putih
  8. Ikan memperoleh oksigen dari air dengan menggunakan alat khusus yang disebut insang. Saat bernapas, ikan memasukkan air melalui mulut. Kemudian air dialirkan melalui insang. Di dalam insang ini oksigen diserap. Sisa pernapasan dikeluarkan bersama air melalui insang. Insang hanya dapat bekerja di dalam air. Jadi ikan akan mati jika berada di luar air karena insang tidak dapat bekerja.
  9. Bagan Pernapasan Ikan :

Mekanisme Pernapasan pada Ikan

Kesimpulan

  1. Ikan bernapas menggunakan insang.
  2. Ikan bernapasa dengan cara memperoleh oksigen dari air dengan menggunakan alat khusus yang disebut insang. Saat bernapas, ikan memasukkan air melalui mulut. Kemudian air dialirkan melalui insang. Di dalam insang ini oksigen diserap. Sisa pernapasan dikeluarkan bersama air melalui insang. Insang hanya dapat bekerja di dalam air. Jadi ikan akan mati jika berada di luar air karena insang tidak dapat bekerja.
  3. Bagan pernapasan ikan sebagai berikut.
    Bagan Pernapasan pada Ikan

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi Catatan Callysta. Semoga bermanfaat. Saya sangat berterima kasih sekali jika pembaca berkenan untuk share ke G+1 dan meninggalkan komentar demi kemajuan blog saya.