Propellerads

Translate to your language

Tuesday, October 24, 2017

Profil dan Biografi Sekjen PBB Boutros Boutros Ghali

Sekjen PBB Boutros Boutros Ghali
Boutros Boutros-Ghali menjadi Sekretaris Jenderal keenam Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tanggal 1 Januari 1992, ketika dia memulai masa jabatan lima tahun. Pada saat pengangkatannya oleh Majelis Umum pada tanggal 3 Desember 1991, Boutros-Ghali telah menjadi Wakil Perdana Menteri untuk Urusan Luar Negeri Mesir sejak Mei 1991 dan telah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri dari Oktober 1977 sampai 1991.

Boutros-Ghali telah lama memiliki hubungan dengan urusan internasional sebagai diplomat, ahli hukum, sarjana dan penulis yang dipublikasikan secara luas. Dia menjadi anggota Parlemen Mesir pada tahun 1987 dan merupakan bagian dari sekretariat Partai Demokratik Nasional dari tahun 1980. Sampai menjabat Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, dia juga Wakil Presiden Sosialis Internasional.

Dia adalah anggota Komisi Hukum Internasional dari tahun 1979 sampai 1991, dan merupakan mantan anggota Komisi Ahli Hukum Internasional. Dia memiliki banyak asosiasi profesional dan akademis yang terkait dengan latar belakangnya dalam bidang hukum, urusan internasional dan ilmu politik, di antaranya, keanggotaannya di Institute of International Law, Institut Internasional Hak Asasi Manusia, African Society of Political Studies and the Académie des science morales et politique (Académie française, Paris).

Lebih dari empat dekade, Boutros-Ghali berpartisipasi dalam berbagai pertemuan yang berkaitan dengan hukum internasional, hak asasi manusia, pembangunan ekonomi dan sosial, dekolonisasi, pertanyaan Timur Tengah, hukum humaniter internasional, hak-hak etnis dan minoritas lainnya, non-alignment, development di wilayah Mediterania dan kerjasama Afro-Arab.

Pada bulan September 1978, Boutros-Ghali menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Camp David dan memiliki peran dalam menegosiasikan kesepakatan Camp David antara Mesir dan Israel, yang ditandatangani pada tahun 1979. Dia memimpin banyak delegasi negaranya ke pertemuan Organisasi Afrika Persatuan (OAU) dan Gerakan Negara-negara Non-Blok, serta Konferensi Tingkat Tinggi Kepala Negara Prancis dan Afrika. Dia juga memimpin delegasi Mesir ke sidang Majelis Umum pada tahun 1979, 1982 dan 1990.

Boutros-Ghali menerima gelar Ph.D. dalam hukum internasional dari Universitas Paris pada tahun 1949. Tesisnya adalah studi tentang organisasi regional. Boutros-Ghali juga meraih gelar Bachelor of Laws, diterima dari Universitas Kairo pada tahun 1946, serta diploma terpisah dalam ilmu politik, ekonomi dan hukum publik dari Universitas Paris.

Antara tahun 1949 dan 1977, Boutros-Ghali adalah Guru Besar Hukum Internasional dan Hubungan Internasional di Universitas Kairo. Dari tahun 1974 sampai 1977, dia adalah anggota Komite Pusat dan Biro Politik Uni Sosialis Arab.

Di antara kegiatan profesional dan akademisnya yang lain, Boutros-Ghali adalah seorang ilmuwan penelitian Fulbright di Universitas Columbia (1954-1955); Direktur Pusat Penelitian Akademi Hukum Internasional Den Haag (1963-1964); dan Visiting Professor di Fakultas Hukum, Universitas Paris (1967-1968). Dia telah memberi kuliah tentang hukum internasional dan hubungan internasional di universitas-universitas di Afrika, Asia, Eropa, Amerika Latin dan Amerika Utara.

Boutros-Ghali adalah Presiden Masyarakat Hukum Internasional Mesir dari tahun 1965; Presiden Pusat Studi Politik dan Strategis (Al-Ahram) dari tahun 1975; anggota Dewan Administratif Curiculum Den Haag Academy of International Law dari tahun 1978; anggota Komite Ilmiah Académie mondiale pour la paix (Menton, Prancis) dari tahun 1978; dan anggota asosiasi Institut affari internazionali (Roma) dari tahun 1979. Dia menjabat sebagai anggota Komite Penerapan Konvensi dan Rekomendasi dari Organisasi Perburuhan Internasional dari tahun 1971 sampai 1979. Boutros-Ghali juga mendirikan publikasi Alahram Iqtisadi , yang dia edit dari tahun 1960 sampai 1975, dan Al-Seyassa Al-Dawlia kuartalan, yang dia edit sampai Desember 1991.

Lebih dari 100 publikasi dan banyak artikel yang ditulis oleh Boutros-Ghali telah menangani masalah regional, internasional, hukum dan diplomasi, dan ilmu politik

Selama perjalanan karirnya, Boutros-Ghali telah menerima penghargaan dan penghargaan dari 24 negara, yang selain Mesir, termasuk Belgia, Italia, Kolombia, Guatemala, Prancis, Ekuador, Argentina, Nepal, Luksemburg, Portugal, Niger, Mali. , Meksiko, Yunani, Chili, Brunei Darussalam, Jerman, Peru, C & ocircte d'Ivoire, Denmark, Republik Afrika Tengah, Swedia dan Republik Korea. Dia juga telah dihiasi dengan Perintah Militer Berdaulat Malta.
Dia dianugerahi gelar doktor hukum honoris causa dari Institut Negara dan Hukum Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia, Moskow (September 1992); gelar doktor honoris causa dari l'Institut d'études politiques de Paris (Januari 1993); Christian A. Herter Memorial Award dari World Affairs Council, Boston (Maret 1993); gelar doktor honoris causa dari The Catholic University of Louvain, Belgia (April 1993); penghargaan "Man of Peace" yang disponsori oleh Yayasan Bersama untuk Perdamaian yang berbasis di Italia (Juli 1993); gelar doktor kehormatan dari Universitas Laval, Quebec (Agustus 1993); dan Arthur A. Houghton Jr Star Crystal Award untuk Keunggulan dari African-American Institute, New York (November 1993).

Selain itu, ia diberi keanggotaan kehormatan Akademi Ilmu Pengetahuan Alam Rusia, Moskow (April 1994); sebuah kehormatan keanggotaan asing Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia, Moskow (April 1994); sebuah kehormatan keanggotaan asing dari Akademi Ilmu Pengetahuan Belarus, Minsk, (April 1994); sebuah gelar doktor kehormatan dari Universitas Carlos III dari Madrid (April 1994); gelar kehormatan dari School of Foreign Service di Georgetown University, Washington, D.C. (Mei 1994); gelar doktor dalam hukum internasional honoris causa dari University of Moncton, New Brunswick, Kanada (Agustus 1994); gelar doktor kehormatan dari University of Bucharest (Oktober 1994), Universitas Baku (Oktober 1994), Universitas Yerevan (November 1994), Universitas Haifa (Februari 1995), Universitas Wina (Februari 1995), dan Universitas Melbourne (April) 1995); dan gelar doktor hukum honoris causa dari Carleton University, Kanada (November 1995). Dia menjadi Fellow dari Berkeley College, Yale University (Maret 1995) dan merupakan penerima Onassis Award for International Understanding and Social Achievement (Juli 1995). Dia dianugerahi gelar doktor kehormatan hukum oleh University Montesquien dari Bordeau, Prancis (Maret 1996), dan dia menerima gelar doktor kehormatan dari Universitas Koryo, Seoul, Republik Korea (April 1996).

Boutros-Ghali lahir di Kairo pada tanggal 14 November 1922 dan meninggal pada tanggal 16 Februari 2016 pada usia 93. Ia menikah dengan Leia Maria Boutros-Ghali

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi Catatan Callysta. Semoga bermanfaat. Saya sangat berterima kasih sekali jika pembaca berkenan untuk share ke G+1 dan meninggalkan komentar demi kemajuan blog saya.