Propellerads

Translate to your language

Monday, December 3, 2012

Contoh Geguritan : Dadi Tekadku

Apa kabar para pengunjung Catatan Callysta

Pada kesempatan yang lalu, saya telah berbagi tulisan yang berjudul Invitation. Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tulisan kaitannya dengan Materi Bahasa Jawa, yaitu Contoh Geguritasn : Dadi Tekadku

Dalam bahasa Jawa kita juga mengenal yang namanya puisi. Puisi dalam bahasa Jawa biasa disebut Geguritan. Berikut ini saya berikan contoh Geguritan (Puisi dalam Bahasa Jawa). 

Dadi Tekadku

Aku kudu bisa
Gawe rena biyung lan bapa
solah bawa luhur
Mendhem jero lan mikul dhuwur

Aku kudu sida
Golek ngelmu kanggo sangu
Ngranggeh gayuhan impen-impenku
Gawe mongkog rama lan ibu

Aku kudu kuwawa
Madhep mantep ing kalbu
Tansah eling nalika lumaku
Supaya padhang lan barokah uripku

Aku kudu bisa, sida lan kuwawa ...
iku tekadku ...

Kapethik saka : 
Logika Bahasa Jawa (Piwulang Basa Jawa) SD/MI Kelas IV. 2012. Viva Pakarindo

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Contoh Geguritan : Dadi Tekadku. Semoga bermanfaat. Jika menurut anda tulisan ini bermanfaat, silahkan tulisan ini dan jangan sungkan-sungkan untuk meninggalkan komentar.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi Catatan Callysta. Semoga bermanfaat. Saya sangat berterima kasih sekali jika pembaca berkenan untuk share ke G+1 dan meninggalkan komentar demi kemajuan blog saya.