Propellerads

Translate to your language

Sunday, September 2, 2012

Perkembangbiakan Mahluk Hidup

Bagaimana mahluk hidup berkembang biak?

Mahluk hidup berkembang biak dengan tujuan untuk melestarikan jenisnya. Ini terjadi pada manusia, hewan dan tumbuhan. Manusia sendiri mengalami pertumbuhan dan perkembangan dari bayi sampai tua. Pada masa pubertas, manusia mengalami perkembangan ciri-ciri kelamin primer dan sekunder. 

Perubahan-perubahan yang terjadi pada masa pubertas berlaku untuk anak laki-laki dan perempuan. Perubahan-perubahan itu berupa perubahan primer dan sekunder. Perubahan-perubahan pada laki-laki saat pubertas antara lain mulai diproduksinya sel sperma pada testis (perubahan primer). Di samping itu, laki-lai juga mengalami perubahan fisik seperti tumbuh kumis dan janggut, tumbuh rambut di sekitar ketiak dan organ kelamin, tumbuh jakun, suara menjadi besar dan dada menjadi bidang. Perubahan fisik ini dinamakan perubahan sekunder.

Pada perempuan, perubahan-perubahan yang terjadi pada masa pubertas antara lain mulai diproduksinya sel telur pada ovarium. Perubahan ini disebut perubahan primer. Selain itu, anak perempuan pada masa pubertas juga mengalami perubahan fisik seperti yang terjadi pada anak laki-laki. Perubahan fisik itu antara lain, payudara dan pinggul membesar, tumbuh rambut halus di sekitar ketiak dan organ kelamin. Perubahan ini disebut perubahan sekunder. 

Perkembangbiakan manusia diawali dengan bertemunya sel sperma dan sel telur di dalam rahim. Pertemuan ini disebut pembuahan yang kemudian menghasilkan janin dan berkembang menjadi bayi. 

Pada hewan, perkembanganbiakan terjadi secara kawin dan tak kawin. Perkembangbiakan secara tak kawin meliputi fragmentasi dan membelah diri. Perkembangbiakan secara kawin pada hewan meliputi ovipar, vivipar dan vivipar

Seperti halnya hewan, perkembangbiakan pada tumbuhan juga dilakukan secara vegetatif dan generatif. Perkembangbiakan secara generatif dilakukan melalui penyerbukan. Sedangkan secara vegetatif atau tak kawin, tumbuhan berkembang biak melalui vegetatif alami seperti membelah diri, spora, umbi batang, tunas, akar tinggal, umbi lapis, geragih dan tunas adventif. Tumbuhan juga berkembang biak melalui vegetatif buatan seperti cangkok, okulasi, stek, merunduk dan menyambung.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi Catatan Callysta. Semoga bermanfaat. Saya sangat berterima kasih sekali jika pembaca berkenan untuk share ke G+1 dan meninggalkan komentar demi kemajuan blog saya.