Propellerads

Translate to your language

Monday, September 9, 2013

Watak Tokoh dalam Cerita Anak

Apa kabar pengunjung Catatan Callysta?

Pada kesempatan yang lalu saya telah berbagi tulisan yang berjudul Menulis Surat Undangan. Nah pada kesempatan kali ini saya berbagai tulisan yang berkaitan dengan materi Bahasa Indonesia. Tulisan saya kali ini adalah Watak Tokoh dalam Cerita Anak

Memahami cerita anak dapat dilakukan dengan mempelajari unsur-unsur cerita. Unsur-unsur cerita yang dapat kita pelajari diantaranya adalah tokoh, watak tokoh, latar, tema, alur, pesan cerita. Tokoh adalah pemeran atau pelaku dalam sebuah cerita. Tokoh cerita bisa orang, benda atau binatang. Tokoh ada dua yaitu tokoh utama dan tokoh pendukung. 
  1. Tokoh Utama adalah tokoh yang memegang peran penting dalam cerita dan paling banyak berhubungan dengan tokoh-tokoh lain. 
  2. Tokoh Pendukung adalah tokoh yang tidak memegang peranan didalam cerita dan tidak banyak berhubungan dengan tokoh-tokoh lain. 


Sifat/watak adalah sifat batin yang dimiliki oleh seorang tokoh ang mempengaruhi segenap pikiran dan tingkah laku. Tokoh cerita memiliki sifat atau watak. Watak inilah yang membedakan tokoh satu dengan lainnya. 

Watak tokoh cerita ada yang baik disebut tokoh protagonis dan ada yang kurang baik disebut antagonis dan ada sebagai penengah disebut tritagonis. Watak yang baik seperti rajin, ramah, suka menolong dan masih banyak lagi. Watak yang kurang baik seperti malas, pemarah, suka mencuri dan sebagainya. 

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Watak Tokoh dalam Cerita Anak. Semoga bermanfaat. Bila menurut anda tulisan ini berguna, silahkan bagikan tulisan ini ke teman-teman anda dan jangan sungkan-sungkan untuk meninggalkan komentar.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi Catatan Callysta. Semoga bermanfaat. Saya sangat berterima kasih sekali jika pembaca berkenan untuk share ke G+1 dan meninggalkan komentar demi kemajuan blog saya.