Propellerads

Translate to your language

Friday, November 8, 2019

Contoh Pidato Sambutan Upacara Hari Pahlawan

Assalaamu’alaikum Warohmatullaahi Wabarokatuh,
Salam sejahtera bagi kita semua.

Bismillah, Alhamdulillah, wa La Haula Walaquwwata illa billah….Amma Ba’du.

Ibu/ Bapak Guru yang saya hormati, serta anak – anak yang saya sayangi dan saya banggakan.

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT.  yang telah melimpahkan segala rahmat dan karunia-Nya kepada kita, sehingga pada saat ini kita masih diberi kekuatan jasmani dan rohani untuk melaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan.

Setiap tanggal 10 November, kita memperingati Hari Pahlawan untuk mengenang perjuangan para pahlawan dalam mengisi kemerdekaan. Peringatan tersebut didasarkan pada peristiwa “ Pertempuran 10 Nopember 1945” di Surabaya. Sebagai pertempuran pertama dan terbesar antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945. Dengan memakan korban jiwa yang sangat besar.

Ibu/Bapak Guru serta anak-anak, peserta upacara yang budiman,

Ada 3 (tiga) pelajaran moral yang sangat penting, yang dapat kita ambil dari “Peristiwa Pertempuran 10 Nopember 1945” yakni :

  1. Bahwa seberat apapun tantangan yang dihadapi, janganlah menyurutkan perjuangan kita dalam meraih cita-cita.
  2. Betapa semangat perjuangan dan karakter kepahlawanan itu, memiliki kekuatan yang luar biasa dalam menghadapi rintangan.
  3. Semangat kepahlawanan adalah semangat rela berkorban dengan mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi dan golongan.


Selanjutnya, pada kesempatan yang baik ini, saya mengajak kepada seluruh peserta upacara untuk terus berjuang, bekerja keras, dan berprestasi. Berupaya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat, maupun pahlawan bagi negeri ini.

Pada akhirnya, Selamat Hari Pahlawan 2019, semoga Allah Tuhan YME, senantiasa melindungi kita semua. Aamiin.

Sekian dan terima kasih.
Wssalaamu’alaikum Warohmatullaahi Wabarokatuh.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi Catatan Callysta. Semoga bermanfaat. Saya sangat berterima kasih sekali jika pembaca berkenan untuk share ke G+1 dan meninggalkan komentar demi kemajuan blog saya.