Propellerads

Translate to your language

Saturday, November 29, 2014

Kerajaan Kutai

Halo, apa kabar para pengunjung Catatan Callysta?

Pada kesempatan yang lalu saya telah berbagi informasi mengenai Daftar Kerajaan Hindu, Budha dan Islam di Indonesia. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi mengenai Kerajaan Kutai

Kerajaan Kutai berdiri sekitar abad ke-4, yaitu pada tahun 400 Masehi. Kerajaan ini merupakan kerajaan Hindu tertua di Indonesia. Kerajaan Kutai terletak di Muarakaman, di tepi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur.

Nama Kutai diberikan oleh para ahli mengambil dari nama tempat ditemukannya prasasti yang menunjukkan eksistensi kerajaan tersebut. Tidak ada prasasti yang secara jelas menyebutkan nama kerajaan ini dan memang sangat sedikit informasi yang dapat diperoleh. 

Pendiri Kerajaan Kutai adalah Kudungga. Kerajaan Kutai mencapai puncak kejayaan pada pemerintahan Raja Mulawarman. Peninggalan sejarah Kerajaan Kutai berupa prasasti berbentuk yupa (tugu bertulis). Prasasti itu menggunakan huruf Pallawa dengan bahasa Sanskerta.

Ada tujuh buah yupa yang menjadi sumber utama bagi para ahli dalam menginterpretasikan sejarah Kerajaan Kutai. Yupa adalah tugu batu yang berfungsi sebagai tugu peringatan yang dibuat oleh para brahman atas kedermawanan raja Mulawarman. Dalam agama hindu sapi tidak disembelih seperti kurban yang dilakukan umat islam. Dari salah satu yupa tersebut diketahui bahwa raja yang memerintah kerajaan Kutai saat itu adalah Mulawarman. Namanya dicatat dalam yupa karena kedermawanannya menyedekahkan 20.000 ekor sapi kepada kaum  Brahmana. 

Dari ketujuh yupa tersebut juga diperoleh informasi siapa saja yang pernah memimpin Kerajaan Kutai. Jumlah raja yang pernah memimpin Kerajaan Kutai berjumlah 21 raja. Dimulai dari Raja Kudungga, yang merupakan pendiri Kerajaan Kutai sampai dengan Raja Dharma Setia, raja terakhir Kerajaan Kutai yang tewas dalam peperangan melawan Kerajaan Kutai Kartanegara.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Kerajaan Kutai. Semoga bermanfaat. Silahkan share ke teman-teman anda dan jangan lupa tinggalkan komentar demi kemajuan blog ini. 

______________________________________________________________ 
Tulisan terkait : 
- Daftar Kerajaan Hindu, Budha dan Islam di Indonesia
- Daftar Nama Raja-raja Kerajaan Kutai

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi Catatan Callysta. Semoga bermanfaat. Saya sangat berterima kasih sekali jika pembaca berkenan untuk share ke G+1 dan meninggalkan komentar demi kemajuan blog saya.