Propellerads

Translate to your language

Saturday, November 29, 2014

Daftar Kerajaan Hindu, Budha dan Islam di Indonesia

Halo, apa kabar para pengunjung Catatan Callysta?


Pada kesempatan sebelumnya, saya telah berbagi informasi dan pengetahuan mengenai Biografi Tokoh : Sir William Bowman. Nah, kali ini saya akan kembali berbagi informasi yang berkaitan dengan materi IPS. Tulisan saya kali ini adalah Daftar Kerajaan Hindu Budha dan Islam di Indonesia

Perkembangan Hindu-Buddha di Indonesia awalnya disebarkan oleh para pedagang, terutama dari India. Agama tersebut mula-mula dianut oleh raja-raja dan para bangsawan. Kemudian rakyat dari kerajaan itu ikut menganut agama seperti rajanya.

Selain candi, kita tentu sudah mengenal mesjid. Mesjid merupakan tempat beribadah bagi orang Islam. Agama Islam masuk ke Indonesia dibawa oleh para pedagang terutama dari Gujarat, Arab, dan Persia. Agama Islam berkembang pesat dengan adanya kerajaan-kerajaan di daerah pesisir pantai, seperti Samudra Pasai di Sumatera dan Demak di Jawa. Berikut ini kerajaan contoh-contoh kerajaan yang bercorak Hindu, Buddha, dan Islam yang pernah ada di Indonesia.

Kerajaan Hindu
3. Kerajaan Mataram Hindu
4. Kerajaan Kediri
5. Kerajaan Singasari
6. Kerajaan Majapahit

Kerajaan Budha
1. Kerajaan Holing
2. Kerajaan Mataram
3. Kerajaan Swiwijaya

Kerajaan Islam
1. Kerajaan Samudra Pasai
2. Kerajaan Aceh
3. Kerajaan Demak
4. Kerajaaan Banten
5. Kerajaan Gowa Talo

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Daftar Kerajaan Hindu, Budha dan Islam di Indonesia. Semoga bermanfaat. Silahkan share ke teman-teman anda dan jangan lupa tinggalkan komentar demi kemajuan blog ini.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi Catatan Callysta. Semoga bermanfaat. Saya sangat berterima kasih sekali jika pembaca berkenan untuk share ke G+1 dan meninggalkan komentar demi kemajuan blog saya.