Propellerads

Translate to your language

Thursday, November 27, 2014

Biografi Tokoh : Sir William Bowman

Halo apa kabar pengunjung Catatan Callysta?

Pada kesempatan yang lalu saya telah berbagi informasi mengenai Biografi Tokoh : William Harvey. Pada kesempatan ini saya akan kembali berbagi informasi mengenai Biografi Tokoh : Sir William Bowman

Sir William Bowman (1816- 1892) adalah seorang ahli bedah, ahli histologi, dan ahli anatomi berkebangsaan Inggris. Ia terkenal pada penelitiannya yang banyak menggunakan mikroskop dalam mempelajari organ tubuh manusia. Lahir di Nantwich, Cheshire, putera ketiga dari seorang bankirm dan geolog serta botanikus amatir, Bowman mengenyam pendidikan di Sekolah Hazelwood di dekat Birmingham pada 1826.

Karya pertamanya yang cukup dikenal adalah penelitian mengenai struktur otot rangka. Pada usia 25 tahun, ia telah mengidentifikasi struktur pada nefron  yang dikenal dengan kapsula Bowman. Ia memaparkan penemuannya pada makalahnya yang  berjudul “On the Structure and Use of the Malpighian Bodies of the Kidney”(“Struktur dan Fungsi Badan Malphigi pada Ginjal”) dan berhasil mendapatkan medali kerajaan.

Kerjasamanya dengan Robert Bentley Todd, seorang profesor ilmu faal, menghasilkan publikasi dengan lima jilid “Physiological Anatomy and Physiology of Man” (1843-1856) (“Anatomi Faal dan Faal Manusia”) dan “Cyclopaedia of Anatomy and Physiology” (1852) (“Ensiklopedia Anatomi dan Faal”).

Pada 1884, Ratu Victoria mengangkatnya menjadi seorang baronet. Ia meninggal di rumahnya, Joldwynds, di dekat Dorking, Surrey pada 1892.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Biografi Tokoh : Sir William Bowman. Semoga bermanfaat. Silahkan share ke teman-teman anda dan jangan lupa tinggalkan komentar demi kemajuan blog ini.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi Catatan Callysta. Semoga bermanfaat. Saya sangat berterima kasih sekali jika pembaca berkenan untuk share ke G+1 dan meninggalkan komentar demi kemajuan blog saya.