Propellerads

Translate to your language

Saturday, November 29, 2014

Kerajaan Tarumanegara

Halo, apa kabar para pengunjung Catatan Callysta?

Pada kesempatan sebelumnya, saya telah berbagi informasi terkait dengan Daftar Nama Raja-raja Kerajaan Kutai. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan kembali mberbagi pengentahuan yang masih berkaitan dengan kerajaan hindu yang pernah berdiri di Indonesia. Tulisan saya kali ini adalah Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan Tarumanagara merupakan kerajaan Hindu yang didirikan pada tahun 450 Masehi. Kerajaan Tarumanagara terletak di dekat aliran Sungai Citarum, Bogor Jawa Barat. Sejak berdirinya sampai runtuhnya Kerajaan Tarumanegara telah diperintah oleh 12 Raja mulai dari Jayasingawarman sampai dengan Linggawarman. Namun raja yang paling terkenal dari Kerajaan Tarumanegara adalah Raja Purnawarman.

Peninggalan sejarah Kerajaan Tarumanagara antara lain berupa prasati. Contohnya Prasasti Batu Bertulis di Ciaruteun Bogor, Prasasti Tugu, Prasasti Kebon Kopi, Prasasti Lebak, Prasasti Jambu, Prasasti Pasir Awi, dan Prasasti Muara Cianten. Dari ketujuh prasasti itu dapat disimpulkan mengenai keberadaan dan perkembangan Kerajaan Tarumanagara. Semua prasasti tersebut menggunakan huruf Pallawa dan berbahasa Sanskerta.

Raja Purnawarman sangat memerhatikan rakyatnya yang sebagian besar adalah petani. Dia pernah membangun saluran irigasi seperti yang tertulis dalam Prasasti Tugu. Agama yang dianutnya adalah Hindu aliran Wisnu. Dalam Prasasti Kebun Kopi dan Prasasti Ciaruteun terdapat telapak kaki gajah dan telapak kaki Dewa Wisnu. Kerajaan Tarumanegara menupakan kerajaan Hindu beraliran Wisnu.

Menurut berita Cina, Tarumanagara disebut Tolomo. Menurut berita itu pula di Tarumanagara sudah banyak yang beragama Hindu. Sementara itu, penganut agama Budha masih sedikit.

Demikialah penjelasan singkat mengenai Kerajaan Tarumanegara. Semoga bermanfaat. Silahkan share ke teman-teman anda dan jangan lupa tinggalkan komentar demi kemajuan blog ini. 

__________________________________________________________ 
Tulisan Terkait :
- Daftar Nama Raja-raja Kerajaan Tarumanegara
- Daftar Kerajaan Hindu, Budha dan Islam di Indonesia

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi Catatan Callysta. Semoga bermanfaat. Saya sangat berterima kasih sekali jika pembaca berkenan untuk share ke G+1 dan meninggalkan komentar demi kemajuan blog saya.