Propellerads

Translate to your language

Monday, January 20, 2014

Berbagai Program dan Kebijakan Pada Masa Pendudukan Jepang

Halo apa kabar pengunjung Catatan Callysta?

Pada kesempatan yang lalu saya telah berbagi sedikit pengetahuan mengenai Perang Diponegoro di Yogyakarta (1825-1830). Pada kesempatan kali ini saya akan kembali berbagi pengetahuan yang masih berkaitan dengan Materi IPS. Tulisan saya kali ni adalah Berbagai Program dan Kebijakan PadaMasa Pendudukan Jepang

Jepang mengaku sebagai saudara tua bangsa Indonesia. Mereka tidak menunjukkan niat jahatnya kepada bangsa Indonesia. Bagaimana upaya Jepang menarik simpati bangsa Indonesia? Untuk meraih simpati rakyat Indonesia, penjajah Jepang melakukan propaganda sebagai berikut.


  1. Jepang mengaku sebagai “saudara tua” yang akan membebaskan Asia dari penindasan bangsa Barat
  2. Jepang mempropagandakan semboyan “Tiga A” : Jepang Pemimpin Asia Jepang Pelindung Asia Jepang Cahaya Asia
  3. Jepang menjanjikan kemudahan bagi bangsa Indonesia. Bentuk kemudahan tersebut meliputi kemudahan dalam beribadah, mengibarkan bendera merah putih berdampingan dengan bendera Jepang, menggunakan bahasa Indonesia, dan menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” bersama lagu kebangsaan Jepang “Kimigayo”. Namun, kemudahan tersebut hanyalah janji manis Jepang. Sebagai penjajah, Jepang justru lebih kejam menindas bangsa Indonesia. 
Jepang melakukan beberapa kebijakan terhadap Negara jajahan di Indonesia. Program yang paling mendesak bagi Jepang adalah mengerahkan seluruh sumber daya yang ada di Indonesia untuk tujuan perang. Beberapa kebijakan tersebut sebagai berikut.


  1. Membentuk Organisasi-Organisasi Sosial
  2. Pembentukan Organisasi Semimiliter
  3. Pengerahan Romusha
  4. Eksploitasi Kekayaan Alam
Demikianlah penjelasan singkat mengenai Berbagai Program dan Kebijakan Pada Masa Pendudukan Jepang. Semoga bermanfaat. Silahkan share ke teman-teman anda dan jangan lupa tinggalkan komentar demi kemajuan blog ini.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi Catatan Callysta. Semoga bermanfaat. Saya sangat berterima kasih sekali jika pembaca berkenan untuk share ke G+1 dan meninggalkan komentar demi kemajuan blog saya.