Propellerads

Translate to your language

Friday, September 13, 2013

Keadaan Geografis Negara Filipina

Apa kabar pengunjung Catatan Callysta?

Pada kesempatan yang lalu, saya telah berbagi sedikit pengetahuan mengenai Keadaan Geografis Negara Malaysia. Nah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengetahuan yang masih berkaitan dengan materi Ilmu Pengetahuan Sosial. Tulisan saya kali ini adalah Keadaan Geografis Negara Filipina

Seperti kita ketahui, negara Filipina memeiliki kesamaan dengan Indonesia yaitu sama-sama merupakan negara kepulauan dan memiliki banyak gunung api yang masih aktif. Kenampakan alam Filipina mempunyai kesamaan dengan Indonesia. Filipina merupakan negara kepulauan. Pulau terbesar di Filipina juga berupa daerah pegunungan. Pegunungan terdapat di Pulau Luzon dan pulau Mindanao

Kenampakan alam di Filipina juga berupa daerah pegunungan. Pegunungan di Pulau Luzon, antara lain Pegunungan Zambalez, Pegunungan Sierra Madre dengan puncak tertinggi, yaitu Gunung An Cuo (1.860 m), dan Pegunungan Cadig. Di Pulau Palawan terdapat Pegunungan Vicotoria dengan puncak tertinggi Gunung Gantung (1.813 m). Gunung Apo (2.930 m) terdapat di Pulau Mindanao. Gunung Apo merupakan gunung tertinggi di Filipina. 

Filipina memiliki banyak laut, selat, teluk, dan semenanjung. Laut di wilayah Filipina, yaitu Laut Sulu, Laut Mindanao, Laut Camotes, Laut Visayan, dan Laut Sibuyan. Selat di Filipina, antara lain Selat Babuyan, Selat Mindoro, Selat Balabac, Selat Tanon, dan Selat Jintotolo. Teluk di Filipina, antara lain Teluk Moro, Teluk Tolong, Teluk Manila, Teluk San Miguel, Teluk Mangueda, dan lain-lain. 

Adapun kenampakan alam berupa semenanjung, yaitu Semenanjung Bondoc dan Semenanjung Zamboanga. Di Filipina terdapat tiga danau besar, yaitu Danau Laguna, Danau Tay, dan Danau Lenau. Sungai-sungai yang mengalir di Filipina, antara lain Sungai Pulangi, Sungai Cagayan, dan Sungai Pangoango. 

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Keadaan Geografis Negara Filipina. Jika menurut anda artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan ke teman-teman anda dan komentar sangat saya harapkan demi kemajuan blog saya ini. 
____________________________________________________________ 
Tulisan Terkait :
- Kenampakan Alam Negara Myanmar
- Keadaan Geografis Negara Thailand
- Keadaan Geografis Negara Malaysia
- Kenampakan Alam Negara Singapura
- Kenampakan Alam Negara Brunei Darussalam

6 comments:

Terima kasih telah mengunjungi Catatan Callysta. Semoga bermanfaat. Saya sangat berterima kasih sekali jika pembaca berkenan untuk share ke G+1 dan meninggalkan komentar demi kemajuan blog saya.