Propellerads

Translate to your language

Thursday, May 18, 2017

Kenampakan Alam Benua Amerika

Benua Amerika ditemukan oleh Christophorus Columbus dari Spanyol pada tahun 1492. Columbus mendarat di Kepulauan Bahama. Nama Amerika diambil dari nama Amerigo Vespucci yang mendarat di Brazil bersama Columbus pada tahun 1500. Nama tersebut dipakai sebagai penghargaan kepada Amerigo Vespucci

Luas Benua Amerika kurang lebih 42.188.568 km2. Secara astronomis, Benua Amerika terletak antara 83o07’ LU – 56o LS dan antara 34o45’ BB – 172o27’ BT. Benua Amerika tidak memiliki batas daratan. Batas-batas Benua Amerika yaitu:
  1. Sebelah utara: Laut Es dan Selat Davis.
  2. Sebelah timur: Atlantik dan Laut Karibia.
  3. Sebelah selatan: Laut Kutub Selatan.
  4. Sebelah barat: Samudra Pasifik dan Laut Bering.

Kenampakan alam Benua Amerika antara lain pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, dan sungai. Pegunungan utama di Benua Amerika adalah Pegunungan Rocky dan Pegunungan Andes. Pegunungan Rocky di Amerika Utara membujur di sisi barat membentang dari utara ke selatan. 

Adapun Pegunungan Andes di Amerika Selatan membentang di sepanjang tepi barat Amerika Selatan. Puncak tertinggi di Benua Amerika adalah Gunung Aconcagua. Gunung ini termasuk rangkaian Pegunungan Andes. 

Pegunungan lain yang terdapat di Benua Amerika adalah Pegunungan Appalaghian. Pegunungan ini membentang di bagian timur kawasan Amerika Utara. Kenampakan alam berupa dataran tinggi antara lain Dataran Tinggi Kolorado, Tanah Tinggi Guyana, Tanah Tinggi Brazil, dan Dataran Tinggi Patagonia. 

Adapun kenampakan alam berupa dataran rendah terdapat di Semenanjung Yucatan dan Amerika Selatan. Dataran rendah tersebut antara lain Lembah Amazon, Lembah Orinoko, dan Lembah Paraguay Parana. Lembah Amazon merupakan kawasan hutan tropis terbesar di dunia. 

Sungai-sungai utama di Benua Amerika yaitu Sungai Mississippi dan Sungai Missouri. Aliran sungai tersebut membentuk ngarai yang disebut Grand Canyon di Dataran Tinggi Kolorado.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi Catatan Callysta. Semoga bermanfaat. Saya sangat berterima kasih sekali jika pembaca berkenan untuk share ke G+1 dan meninggalkan komentar demi kemajuan blog saya.