Propellerads

Translate to your language

Saturday, May 13, 2017

Download Soal Ulangan Harian Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Semester 2 Materi Memberi Tanggapan

Ulangan harian merupakan salah satu kegiatan dalam evaluasi pembelajaran. Ulangan harian biasanya diberikan untuk mengetahui kemajuan akademik siswa pada kompetensi dasar tertentu. Ulangan harian digunakan untuk mengukut penguasaan materi terhadap salah satu kompetensi dasar. Berikut ini saya sediakan contoh soal ulangan harian bahasa Indonesia materi tentang memberi tanggapa terhadap suatu peristiwa yang bisa didonwload dan diberikan kepada siswa

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
KD : 5.1  Menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan
Kelas : 5
Semester : 2
Soal Ulangan Harian

Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
  1. Tanggapan yang baik harus disertai dengan ….
  2. Tanggapan yang disampaikan harus … dan sesuai dengan ….
  3. Winda terjatuh saat bermain di halaman sekolah. Ia menangis dengan keras. Kaki dan tanganya berdarah. Baju yang dipakainya sobek.” Tanggapan yang tepat untuk peristiwa di atas adalah ….
  4. Joko sangat serius mendengarkan penjelasan gurunya di kelas. Sesekali ia mencatat hal-hal yang dianggapnya penting. Saat gurunya memberikan pertanyaan, Joko tidak kesulitan menjawabnya. “ Tanggapan yang tepat untuk cerita di atas adalah ….
  5. “Badan Rafi sangat panas. Sejak kemarin Rafi demam. Ia terbaring lemas di tempat tidur. Ibu menyuruhnya segera minum obat penurun panas.”Tanggapan yang sesuai dengan peristiwa di atas adalah ….
  6. Pada saat ulangan harian, Nina menyontek dari buku catatannya. Setelah ulangan, Dina berusaha menegurnya. Nina beralasan tidak belajar sebelumnya karena harus menjaga ibunya yang sedang sakit di rumah sakit.“ Tanggapan yang tepat terhadap permasalahan tersebut adalah ….
  7. Sebentar lagi musim hujan tiba. Pada musim ini daerah kita pasti dilanda banjir. Sebenarnya, bencana itu akibat ulah warga sendiri. Coba kita lihat sungai di dekat kampung kita! Penuh sampah, bukan? Itulah sebenarnya sumber bencana itu.” Kalimat tanggapan yang sesuai dengan peristiwa tersebut adalah ….
  8. "Maaf, lain kali kalau buang sampah jangan di selokan, buanglah di tempat sampah agar saluran air tidak tersumbat." Tanggapan di atas adalah kalimat tanggapan tentang ….
  9. Di belakang rumah Pak Suryo terdapat banyak kaleng bekas. Hujan turun, dan kaleng-kaleng penuh dengan air. Nyamuk pun bersarang di sana. Beberapa hari kemudian, anak-anak Pak Suryo terserang demam berdarah.” Tanggapan yang logis terhadap permasalahan di atas adalah ….
  10. Biar saja mereka sakit, salah sendiri membuang kaleng bekas sembarangan” Kalimat tanggapan di atas adalah contoh tanggapan yang ….
Soal ulangan harian di atas bisa dengan mudah anda download dan dicetak untuk diberikan ke siswa sebagai soal ulangan harian. Silahkan download pada link di bawah ini.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi Catatan Callysta. Semoga bermanfaat. Saya sangat berterima kasih sekali jika pembaca berkenan untuk share ke G+1 dan meninggalkan komentar demi kemajuan blog saya.