Propellerads

Translate to your language

Saturday, May 13, 2017

Download Soal Ulangan Harian Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Semester 2 Materi Identifikasi Unsur Cerita

Mapel : Bahasa Indonesia
KD : 5.2  Mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat)
Kelas : 5
Semester : 2

Ulangan harian merupakan salah satu kegiatan dalam evaluasi pembelajaran. Ulangan harian biasanya diberikan untuk mengetahui kemajuan akademik siswa pada kompetensi dasar tertentu. Ulangan harian digunakan untuk mengukur penguasaan materi terhadap salah satu kompetensi dasar. Berikut ini saya sediakan contoh soal ulangan harian bahasa Indonesia materi tentang mengidentifikasi unsur cerita yang bisa didonwload dan diberikan kepada siswa

Soal Ulangan Harian 

Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!

  1. Gagasan atau ide utama yang mendasari cerita disebut juga dengan …. 
  2. Urutan-urutan terjadinya peristiwa dalam cerita disebut ….
  3. Latar cerita adalah ….
  4. Pesan yang ingin disampaikan penulis dalam cerita disebut ….
  5. Tokoh dalam cerita disebut dengan ….
  6. Di sebuah desa terpencil hiduplah sepasang suami istri yang bekerja sebagai petani. Keduanya hidup tenteram dan bahagia. Suatu hari mereka menemukan seorang bayi di sawah kemudian diasuhnya dengan penuh kasih sayang. Bayi tersebut sekarang sudah besar. Dia diberi nama si Kabayan.” Latar pada penggalan cerita di atas adalah ….
  7. Sore yang cerah, Nirma dan adiknya bermain. Mereka bermain dengan rukun. Nirma selalu menjaga dengan baik adiknya apalagi saat ibunya pergi. Nirma tidak pernah nakal terhadap adiknya. Nirma juga tidak pernah membuat adiknya menangis. “ Tema yang tepat untuk cerita di atas adalah ….
  8. Setiap hari Senin Via upacara. Pagi itu dia tampak kebingungan. Dia mondar-mandir di dalam rumah mencari sesuatu. Dia ternyata mencari topi. Hari Senin kemarin dia menaruhnya di kursi tamu. Akan tetapi, topi itu sudah tidak ada." Amanat yang sesuai dengan cerita di atas adalah ….
  9. Batang pisang mulai bergoyang hampir roboh, si Monyet tiba-tiba memegang perutnya karena kekenyangan. Kepalanya mulai terasa pusing, tiba-tiba ”Kraaak ....!" Terdengar suara batang pisang tumbang menimpa semak-semak. Si Monyet terlempar ke ranting-ranting kering.. “ Tokoh dalam cerita di atas adalah ….
  10. Yang namanya akan bapak sebut berikut ini adalah anak yang mendapat nilai ulangan Matematika bagus dan tidak perlu melakukan perbaikan. Jadi, bagi yang Bapak panggil namanya boleh langsung berkemas dan pulang. Agung, Arum, Awang, Bagus, Pur, Bagus .....” Latar tempat dalam penggalan cerita tersebut adalah ….
Soal ulangan harian bahasa Indonesia untuk kelas 5 sekolah dasar semester 2 materi mengidentifikasi unsur cerita bisa diunduh pada link berikut ini. 



No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi Catatan Callysta. Semoga bermanfaat. Saya sangat berterima kasih sekali jika pembaca berkenan untuk share ke G+1 dan meninggalkan komentar demi kemajuan blog saya.