Propellerads

Translate to your language

Thursday, May 18, 2017

Keadaan Ekonomi dan Penduduk Benua Asia

Asia merupakan benua terpadat di dunia. Sekitar 60% penduduk dunia tinggal di Asia. Bahkan, seperlima penduduk dunia tinggal di Asia Selatan. Cina, India, dan Indonesia tercatat sebagai 4 besar dunia dalam hal jumlah penduduk. 

Namun ada pula wilayah Benua Asia yang tidak dihuni, seperti beberapa tempat di Siberia, Tibet, dan Saudi Arabia. Penduduk Asia terdiri dari berbagai rumpun, seperti:
  1. Orang Mongolia, Cina, Jepang, Korea, Mancu, Melayu, Tibet, dan Thailand termasuk rumpun Mongoloid. Ciri-ciri yang dimiliki antara lain kulit kuning dan bermata sipit.
  2. Orang Yahudi, Arab, Iran, dan India termasuk rumpun Kaukasoid. Ciricirinya antara lain kulit putih dan bermata biru.
  3. Orang Asia Selatan dan Asia Tenggara termasuk rumpun Negroid. Ciricirinya antara lain kulit hitam, rambut keriting, dan bibir tebal.

Kegiatan ekonomi yang dilakukan penduduk di Benua Asia sangat beragam. Daerah Asia Timur banyak berkembang sektor industri. Di kawasan barat, bidang pertambangan menjadi kegiatan ekonomi utama penduduk. Bidang pertanian dan kehutanan banyak dilakukan penduduk di kawasan Asia Tenggara dan Asia Selatan

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi Catatan Callysta. Semoga bermanfaat. Saya sangat berterima kasih sekali jika pembaca berkenan untuk share ke G+1 dan meninggalkan komentar demi kemajuan blog saya.