Propellerads

Translate to your language

Tuesday, November 27, 2012

Mengenal Batik

Batik merupakan salah satu warisan budaya nasional yang perlu dijaga kelestariannya. Batik Indonesia kini telah diakui oleh dunia sebagai budaya asli Indonesia. Sebagai warga negara kita perlu berbangga hati atas hal tersebut. 

Salah satu untuk menjaga kelestarian batik sebagai budaya nasional dan internasional, batik merupakan salah satu materi pokok dalam mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) di kelas 6 Sekolah Dasar. Tujuannya tentu saja agar para siswa diperkenalkan dengan batik sejak dini. 

Di Indonesia sendiri, batik memiliki beragam motif. Menurut akar budayanya, motif batik dikleompokkan menjadi dua, yaitu :
  1. Motif batik keraton atau klasik
  2. Motif batik bebas

Motif batik yang beragam tersebut berasal dari keberagaman budaya seluruh propinsi di Indonesia. Daerah pembuatan batik keraton atau klasik yaitu di Surakarta dan Yogyakarta. Sedangkan daerah pembuatan batik pesisir yaitu di pesisir pulau Jawa dan daerah luar pulai jawa yaitu di Kalimantan, Sulawesi, Madura dan Papua. 

Batik yang kita lihat setiap hari tersebut dibuat dengan berbagai macam tehnik membatik. Membatik merupakan kegiatan proses pembuatan motif atau ragam hias pada kain dengan perintangan. Tehnik membatik yang biasa dilakukan adalah : 
  1. Tehnik canting tulis
  2. Tehnik celup ikat
  3. Tehnik printing
  4. Tehnik Colet

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi Catatan Callysta. Semoga bermanfaat. Saya sangat berterima kasih sekali jika pembaca berkenan untuk share ke G+1 dan meninggalkan komentar demi kemajuan blog saya.