Propellerads

Translate to your language

Tuesday, October 24, 2017

Daftar Nama Sungai di Belanda

Sungai Linge, Salah Satu Sungai di Belanda
Belanda adalah salah satu Negara yang terletak di Eropa Barat. Belanda beribukota di Amsterdam. Salah satu yang terkenal di Belanda adalah kemampuannya dalam membangun daratan. Negara ini memiliki julukan Negara kincir angin dan Negara Dam. Secara geografis, Belanda banyak dilewati oleh sungai-sungai yang memiliki peran penting bagi masyarakat Belanda. Berikut ini adalah beberapa daftar nama sungai di Belanda yang perlu diketahui.

1. Sungai Meuse (925 km)
Sungai Meuse atau sering disebut juga dengan nama sungai Mass merupakan salah satu sungai utama di Eropa. Sungai ini memiliki hulu di Perancis dan mengalir melalui Negara Belgia dan Belanda. Aliran sungai Meuse bersumber dari dataran tinggi Langress (Langress Plateau). Beberapa kota yang dilewati oleh aliran sungai Meuse adalah Liege dan Rotterdam. Beberapa jembatan besar yang berada di atas Sungai Meuse adalah  Jembatan Saint Servatius dan John S. Thompsonbrug. Sungai Meuse secara keseluruhan memiliki panjang 925 km. Sungai Meuse bermuara ke Laut Utara. 

2. Sungai Waal (80 km)
Sungai Wall adalah anak sungai Rhine. Sebagian besar aliran air sungai Waal bersumber dari sungai Rhine. Panjang sungai Waal hanya 80 km, namun memiliki peran yang sangat vital di Belanda. Sungai Waal merupakan jalur utama yang menghubungkan pelabuhan Rotterdam ke Jerman. Kota yang dilalui oleh Sungai Waal adalah Nijmegen. Beberapa jembatan yang berada di atas aliran sungai Waal antara lain Jembatan Waalbrug, De Oversteek, jembatan kereta Nijmegen dan Jembatan Snelbinder. Sungai Waal bermuara ke Sungai Gorinchem dan Sungai Boven Merwede.

3. Sungai lJssel (125 km)
Sungai lJssel yang juga disebut sebagai sungai Gelderse lJssel merupakan anak sungai Rhine. Sungai lJssel memiliki panjang keseluruhan 125 km. Sungai lJssel mengalir di provinsi Belanda Gelderland dan Overijssel. Sungai IJssel mengalir dari Westervoort, sebelah timur kota Arnhem dan berakhir di Ijsselmeer. Beberapa jembatan yang berada di aliran Sungai lJssel antara lain Jembatan Wilhelminabrug, Hanzeboog, dan Eilandbrug.

4. Sungai Lek (62 km)
Sungai Lek adalah salah satu sungai pendek yang berada di Belanda, tepatnya di Belanda bagian Barat. Sungai Lek hanya memiliki panjang 62 km. Pada dasarnya Sungai Lek merupakan kalanjutan dari Sungai Nederrijn. Sungai Lek merupakan jalur utama perairan di Belanda bagian barat. Jembatan yang berada di atas aliran sungai Lek adalah Jan Blankenburg.

5. Sungai Linge (99,8 km)
Sungai Linge adalah sebuah sungai di Betania yang panjangnya 99,8 km, yang menjadikannya salah satu sungai terpanjang yang mengalir sepenuhnya di Belanda. Aliran sungai Linge Dimulai di dekat desa Doornenburg dekat perbatasan Jerman. Sungai Linge mengalir ke Zoelen, sebuah desa kecil di utara Tiel dan dari sana berkelok-kelok melalui Betania dan  berakhir di Boven Merwede dekat Gorinchem. Sungai ini dapat dilayari untuk kapal kecil dan merupakan tujuan populer untuk pelaut. Tepian sungai merupakan tempat berkembang biak penting bagi unggas air. Jembatan yang berada di atas aliran sungai Linge adalah jembatan Juliana.

6. Sungai Amstel (31 km)
Amstel adalah sebuah sungai di Belanda yang membentang melalui kota Amsterdam. Nama sungai ini berasal dari Aeme-stelle, Belanda kuno untuk "daerah air", yaitu daerah dengan banyak air. Sungai Amstel merupakan jalur utama di Belanda bagian utara. Sungai Amstel total mempunyai panjang aliran sungai 31 km. Sungai Amstel bersumber dari Aarkanaal. Kota di Belanda yang dilewati aliran sungai Amstel adalah Kota Amsterdam dan Nieuwveen. Beberapa jembatan yang ada di aliran sungai Amstel adalah Jembatan Magere Brug, Blauwbrug dan Berlagebrug Bascule.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi Catatan Callysta. Semoga bermanfaat. Saya sangat berterima kasih sekali jika pembaca berkenan untuk share ke G+1 dan meninggalkan komentar demi kemajuan blog saya.