Propellerads

Translate to your language

Tuesday, August 28, 2012

Mengapa Ikan Dapat Terapung dan Tenggelam?

Mengapa ikan dapat terapung dan tenggelam?

Pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan yang bagus dari anak-anak kita. Ikan merupakan salah satu biota air yang sering dijumpai sehari-hari disekitar anak-anak kita. Baik itu ikan yang sudah hidup maupun yang sudah mati. 

Namun, apakah pembaca sekalian sudah tahu mengapa ikan dapat mengapung dan tenggelam di air? Mari kita simak ulasan berikut ini. 

Ikan memiliki kantung udara yang dapat diisi dengan udara atau gas. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa suatu benda akan terapung, melayang maupun tenggelam dalam air karena pengaruh berat benda tersebut. 

Nah, begitu pula dengan ikan. Ikan memanfaatkan prinsip kerja tersebut. Ikan dapat mengatur udaranya ketika akan melayang dan terapung. Ketika kantung udara terisi gas, ikan akan mengapung ataupun melayang. Ikan akan mengosongkan kantung udaranya ketika ikan akan bergerak ke bawah atau dasar air.

Nah, gimana dengan uraian singkat di atas, cukup jelas kah? Semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi Catatan Callysta. Semoga bermanfaat. Saya sangat berterima kasih sekali jika pembaca berkenan untuk share ke G+1 dan meninggalkan komentar demi kemajuan blog saya.