Propellerads

Translate to your language

Tuesday, August 28, 2012

Dongeng itu apa?

Dongeng itu apa?

Pertanyaan seperti itu sering ditanyakan oleh anak-anak kita. Banyak arti dan definisi tentang dongeng yang bisa kita temukan di mesin pencari Google maupun mesin pencari lainnya. 

Dalam bahasa Indonesia, dongeng bisa diartikan sebagai cerita yang tidak benar-benar terjadi terutama tentang peristiwa atau kejadian zaman dahulu. Terkadang dongeng menceritakan sesuatu kejadian yang aneh-aneh. Atas dasar itulah dongeng termasuk dalam karya sastra fiksi

Dongeng mengandung unsur-unsur intrinsik, seperti latar, penokohan dan amanat. Latar meliputi latar tempat, waktu dan sosial. Penokohan bisa diartikan sebagai pelaku dan watak atau sifat tokoh dalam cerita tersebut. Watak dalam cerita dibagi menjadi 3 kategori, yaitu tokoh antagonis (memiliki watak jahat), protagonis (memiliki watak baik) dan tritagonis. Amanat merupakan pesan yang ingin disampaiakan oleh pengarang kepada pembaca.

Nah, semoga catatan singkat ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi Catatan Callysta. Semoga bermanfaat. Saya sangat berterima kasih sekali jika pembaca berkenan untuk share ke G+1 dan meninggalkan komentar demi kemajuan blog saya.